Kamis, 02 Juni 2011

Reflaksi dan difraksi gelombang


gelombang air ditandai oleh tinggi gelombang,panjang gelombang, dan masa. Tinggi gelombang adalah jarak antara palung (bagian terendah) dan puncak (bagian tertinggi) gelombang. Panjang gelombang adalah jarak antara puncak gelombang. Periode gelombang adalah waktu untuk dua puncak berturut-turut untuk melewati sebuah titik.
Gelombang adalah pembawa efisien energi, sering diakibatkan oleh angin. Mereka transportasi air sangat sedikit, sebagian besar gerakan air di hampir tertutup jalur elips. (Lihat Dalrymple's Java applet:Kecepatan Bawah Air Gelombang untuk contoh: coba tinggi gelombang 5 m, perioda gelombang 20 detik, dan kedalaman air 10 m.). Kecepatan yang membawa gelombang energi ini berkaitan dengan kecepatan gelombang, yaitu panjang gelombang dibagi dengan periode gelombang (dari gelombang setelah melakukan perjalanan satu panjang gelombang setiap periode gelombang).
Shoaling dan refraksi gelombang terjadi ketika gelombang di perairan dangkal. Jika kedalaman air kurang dari setengah panjang gelombang, maka gelombang dianggap di perairan dangkal. Di laut dalam, tsunami (gelombang gempa yang dihasilkan) dianggap gelombang air dangkal (1). 

refraksi

Refraksi atau disebut juga pembiasan gelombang adalah peristiwa perubahan arah gelombang yang bergerak ke arah pantai dari kedalaman air yang dalam menuju kedalaman air yang dangkal. Karena adanya perubahan kedalaman air, peristiwa refraksi gelombang diakibatkan oleh perbedaan kecepatan gelombang yang biasanya disertai juga dengan perubahan panjang gelombang yang mengecil.
Contoh refraksi adalah ketika gelombang mendekati garis pantai lurus di sudut. Bagian dari puncak gelombang dekat ke pantai adalah di perairan dangkal dan bergerak lebih lambat daripada bagian yang jauh dari pantai dalam air yang lebih dalam. Puncak gelombang di air yang lebih dalam menangkap sehingga puncak gelombang cenderung menjadi sejajar dengan pantai.
Gelombang refraksi juga terjadi di sekitar pulau dan bentuk gelombang melingkar mengelilingi pulau. Gelombang mendekati dari satu arah dan akan membungkus pulau sehingga puncak gelombang mendekati pantai berbentuk paralel pada semua sisi pulau (gambar 3) (1). Dalam Gambar 2, puncak gelombang diperlihatkan (puncak pertama adalah sebuah garis horizontal pada bagian atas gambar), dan garis-garis vertikal gelombang orthogonals (baris yang akan ditelusuri dengan mengikuti arah gelombang). Perhatikan pola gelombang silang-balik melintasi pulau.

Gambar 2.  pembiasan gelombang disekitar pulau. Gelombang mendekati pulau dan berbentuk melingkar dari atas gambar. Dari Bascom, 1964.



Difraksi

Difraksi gelombang yakni peristiwa berpindahnya energi di sepanjang puncak gelombang ke arah daerah yang terlindung.Difraksi biasanya terjadi ketika menghadapi kendala gelombang permukaan-menusuk, seperti breakwater atau pulau. Terlihat pada gambar bagian di sisi pulau, air akan terlihattenang, namun tidak. Setelah gelombang melewati pulau pada Gambar 3, berubah menjadi daerah belakang pulau dan membawa energi gelombang ke dalam  puncak gelombang apa yang disebut 'zona bayangan. " Berpindah dari gelombang ke daerah terlindung, ini disebabkan oleh perubahan tinggi gelombang (misalnya di sepanjang puncak) dalam gelombang yang sama.
Jika sisi pulau yang miring di bawah air, makajuga akan terjadi pembiasan .

Gambar 3. Difraksi gelombang.


Gambar-gambar yang ditampilkan di sini diambil dari dua referensi pertama di bawah. Untuk penjelasan lebih jelas, lihat Dean dan Dalrymple (1991).

Referensi

1. Bascom, W. Gelombang dan pantai: dinamika dari permukaan laut. Garden City, NY: Doubleday & Co, Inc, 1964.
2. Komar, P. Pantai proses dan sedimentasi. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc, 1976.
3. Dean, RG dan RA Dalrymple, gelombang mekanik Air untuk insinyur dan ilmuwan. Singapore: World Scientific, 1991.


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes